Senin, 19 November 2012

KONTRAS DALAM GAMBAR TEKNIK


1.      Pengertian Kontras
Kontras merupakan perbedaan atan perbandingan antara dua objek yang saling berdekatan yang ada di suatu wilayah. Kontras merupakan salah satu istilah yang banyak digunakan di dalam bidang menggambar. Dimana dengan adanya suatu kontras maka kenampakan suatu objek di muka bumi akan semakin indah dan memiliki nilai seni. Sehingga tujuan dari adanya kontras yaitu untuk membandingkan dua objek untuk mengetahui perbedaan dan persamaan dari suatu objek.
Kontras biasa digunakan untuk menyatakan perbedaan warna. Akan tetapi, saat ini kontras juga digunakan untuk menyatakan perbedaan bentuk dan ukuran dari dua objek yang saling berdekatan yang ada di suatu wilayah. Kontras yang membahas tentang perbedaan bentuk dibagi menjadi 6, yaitu:
-            Kontras identik merupakan salah satu jenis kontras yang membandingkan dua objek yang memiliki bentuk, besar dan volume yang sama.
-            Kontras similar merupakan kontraas yang membandingkan mengenai dua objek yang memiliki bentuk yang sama tetapi luas dan volume yang berbeda.
-            Kontras variation merupakan salah satu jenis kontras yang memiliki jenis yang sama namun bentuk, luas dan volume yang berbeda. Sehingga hal ini menyebabkan adanya variasi bentuk objek.
-            Kontras differentiation merupakan jenis kontras yang membandingkan dua objek yang memiliki perbedaan bentuk pada sisi-sisinya tetapi memiliki jenis dan volume yang sama.
-            Kontras Contrasting merupakan kontras yang memiliki bentuk yang berbeda namun terdiri dari satu objek pokok. Jadi, dua objek yang dibandingkan memang merupakan dua objek yang berbeda.
-            Kontras radical merupakan salah satu jenis dari kontras yang sangat berbeda bentuknya, volume atau pun luasnya. Dimana kontras radical ini membandingkan satu objek dan objek lainnya yang terdiri dari gabungan beberapa bidang.

2.      Contoh Kontras Identik



             Seperti yang telah dijelaskan di atas, dapat diketahui bahwa salah satu jenis kontras identic           yaitu Twin tower yang terdapat di Malaysia. Berikut ini merupakan gambar dari twin tower.
Berdasarkan gambar di atas, dapat diketahui bahwa twin tower merupakan salah satu contoh kontras identik yang dibuat oleh manusia. Dari gambar di atas, dua menara tersebut merupakan menara yang memiliki kesamaan bentuk, ukuran, volume bahkan warna. Hal ini menyebabkan terciptanya tampilan yang indah karena adanya penggambaran dari kontras identik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar