Kamis, 18 Oktober 2012

LAND COVER, CROPPING CITRA DAN LAYOUT CITRA


TUGAS MATA KULIAH
PENGOLAHAN DATA CITRA (TKP151P)
(REVIEW LITERATUR)
Dosen Pengampu:
Dra. Bitta Pigawati, M.T
Pangi, ST. MT

PETA LAND COVER, CROPPING DAN LAYOUT CITRA
(Pertemuan 7)

Disusun oleh:
NUR FITRI KHOIRUNNISA
21040111060042


PROGRAM STUDI DIPLOMA III
PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO
SEMARANG
2012


11.      Peta Land Cover
Peta land cover atau peta tutupan lahan merupakan peta yang memberikan informasi mengenai objek-objek yang tampak di permukaan bumi (Campbel, 1987). Ketepatan informasi tutupan lahan akan memberikan kemudahan dalam melakukan analisa perencanaan dan pengembangan suatu wilayah. Pembuatan peta tutupan lahan dapat memanfaatkan teknologi penginderaan jauh, misalnya dengan menganalisis citra satelit. Dalam melakukan analisa tersebut, diperlukan perangkat lunak pengolah citra.
Proses pengolahan citra satelit menggunakan software dapat dilakukan dengan import data, penggabungan band (red, green dan blue), konversi data, rektifikasi (koreksi geometrik), digitasi, klasifikasi dan pembuatan layout sederhana. Klasifikasi tutupan lahan merupakan upaya pengelompokkan berbagai jenis tutupan lahan ke dalam satu kesamaan sesuai dengan sistem tertentu. Hasil dari klasifikasi tutupan lahan dapat digunakan untuk pedoman atau acuan dalam proses interpretasi citra penginderaan jauh untuk pembuatan peta tutupan lahan.

22.      Cropping Citra
Cropping citra merupakan salah satu langkah dalam pengolahan citra yang dilakukan untuk memotong citra sesuai dengan batas administrasi dari daerah penelitian. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya analisis di luar wilayah penelitian. Selain itu, hal ini dilakukan untuk lebih memudahkan perencana melakukan analisis citra dari wilayah penelitian. Proses cropping citra dilakukan dengan cara penentuan lintang dan bujur sesuai dengan batas wilayah studi dan dibatasi oleh batas administrasi.
Cropping citra merupakan salah satu langkah yang dilakukan setelah koreksi geometrik dan koreksi radiometrik.

33.      Layout Citra
Layout citra merupakan langkah atau proses yang dilakukan untuk memberi analisis atau atribut-atribut yang terkait dengan citra serta tampilan citra yang lebih bervariasi. Layout citra dapat berisikan atribut dan keterangan mengenai gambar-gambar, simbol-simbol dan lambang yang ada pada citra. Dimana layout ini dapat digunakan untuk mempermudah yang akan menggunakan peta hasil analisis citra ini.


DAFTAR PUSTAKA

-. “Tinjauan Pustaka”, dalam PDF http://www.library.upnvj.ac.id. Diunduh 14 Oktober 2012
-. “ Studi Perubahan Tutupan Lahan”, dalam PDF http://digilib.its.ac.id. Diunduh 14 Oktober 2012
Ketut. 2006. “Analisis Luas Pertanian”, dalam jurnal http://www.ftsl.itb.ac.id. Diunduh 14 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar